The Best English Education Institute
Home » , , » Pembelajaran Listening Dalam Bahasa Inggris

Pembelajaran Listening Dalam Bahasa Inggris

Written By DLC on Kamis, 07 Juni 2018 | 18.04

A. Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional

Peran bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional telah tak tersaingi oleh bahasa-bahasa asing lainnya. Status bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional hari ini, tentunya tidak terlepas dari fakta, bahwa Inggris sebagai sebuah negara dahulunya adalah sebuah negara adi daya dengan wilayah jajahan yang sangat luas di dunia. Dengan alasan itulah yang melatarbelakangi penggunaan bahasa Inggris di dunia. Didukung dengan Amerika, sebuah negara yang super power saat ini, menambah tingkatnya peran bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional.

Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang diajarkan di sekolah-sekolah di seluruh dunia. Penggunaan bahasa Inggris yang semakin meningkat membuat bahasa ini semakin berakar dalam setiap masyarakat.

B. Aspek dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Terdapat 4 aspek dalam bahasa Inggris, yaitu listening, speaking, writing, dan reading. Setiap individu mempunnyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda, diantaranya kesulitan dalam beromunikasi, kesulitan memahami Grammar, atau minim akan vocabulary.

Pada dasarnya semua orang mengalami hal yang sama saat belajar bahasa Inggris, mulai dari menghafal vocabulary, memahami grammar dan struktur bahasa lainya walaupun mudah dicapai saat latihan tapi kebanyakan cepat sekali lupa, misalnya saja pemahaman akan tenses yang cepat sekali hilang.

Masalah-masalah di atas sebenarnya bukan karena kesalahan si pembelajar, tetapi bisa jadi kesalahan dalam metode pembelajarannya yang tidak menarik, ataupun terlalu kaku, maka dari itu diperlukan kegiatan belajar yang efektif.

C. Listening dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Listening adalah pemahaman kita dalam mendengar bahasa inggris. Baik itu secara langsung ataupun melalui media seperti musik atau film.

Listening merupakan materi yang penting dalam bahasa inggris karena kita harus bisa mengetahui apa yang orang katakan pada kita. Untuk dapat menguasai listening kita harus benar-benar memahami kata-kata yang kita dengar.

Mendengar tidak sama dengan menyimak. Mendengar dalam bahasa inggris hear sedangkan menyimak adalah listen.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, kegiatan menyimak dapat dilakukan dengan metode-metode pembelajaran yang menarik. Dalam hal ini tergantung guru yang membelajarkan listening, apakah pembelajaran listening disampaikan secara efektif atau tidak.

LISTENING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

A. Film Membiasakan Mendengar Bahasa Inggris

Tujuan yang tentunya ingin dicapai dengan menggunakan film sebagai media pembelajaran, adalah membuat kita terbiasa dengan bahasa Inggris. Jika kita ingin meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris, kita dapat menggunakan film dengan cara menghilangkan subtitle-nya. Hal itu dipercaya membuat kita terbiasa dengan bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional. Karena bahasa diyakini bisa dikuasai apabila sering berlatih. Kebingungan dengan kata-kata yang keluar adalah sensasi pertama yang akan kita hadapi. Ada dua manfaat ketika menggunakan film sebagai media pembelajaran, yaitu teknik pengucapan dan tambahan kosakata.

B. Lagu Bahasa Inggris sebagai Media Pembelajaran Listening

Listening dengan lagu yang menggunakan bahasa Inggris sebagai liriknya akan membuat belajar listening bahasa Inggris yang menyenangkan. Dengan menggunakan lagu sebagai media, kita dapat belajar empat aspek pembelajaran listening sekaligus. Hal ini merupakan salah satu upaya pendekatan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam listening bahasa Inggris, juga untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris.

Menggunakan lagu sebagai media pembelajaran listening dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Listening (Gbr Ist)
1. Memilih lagu

Salah satu syarat dalam memilih lagu untuk meningkatkan listening adalah pemilihan lagu harus dengan pronounciation yang jelas. Beberapa pendapat menyarankan agar pemilihan lagu untuk pemula yang ingin belajar listening, disarankan memilih lagu yang melankolis.

2. Mendengarkan lagu

Pada kegiatan ini yang hanya dapat dilakukan adalah mendengarkan saja. Hal ini adalah untuk membiasakan telinga dengan pengucapan bahasa inggris.

3. Menyimak

Mendengar tidak sama dengan menyimak. Mendengar dalam bahasa inggris hear sedangkan menyimak adalah listen. Dalam kegiatan ini hanya perlu membawa catatan kecil. Dengarkan dengan seksama lagunya, selanjutnya catat lirik yang diucapkan.

4. Mencocokkan

Kegiatan terakhir untuk meningkatkan kemampuan listening dengan lagu adalah mencocokkan dengan lirik aslinya. Kemudian artikan lirik tersebut secara keseluruhan. Yang perlu diperhatikan adalah arti satu kata adalah tergantung dari konteks kalimatnya.













Mr. Brain Revolution

Share this article :

Cara Pembayaran

Pembayaran Bisa dilakukan Cash ditempat kursus, atau melalui transfer bank dibawah ini:

1. Bank Mandiri, No. Rekening : 1450004182149, Atas Nama: I Wayan Arjawa, S.T.

2. Bank BNI, No. Rekening : 0055157742, Atas Nama: I Wayan Arjawa, S.T.


Konfirmasi pembayaran menggunakan WA, Line atau SMS. DISARANKAN Konfirmasi via SMS ke 0852 5349 4669 dengan format sbb :

"Transfer (Nama Siswa Client) (JUMLAH TRANSFER) (BANK) (TANGGAL) (NAMA PEMILIK REKENING/PENGIRIM) (KETERANGAN)"

contoh SMS :
"Transfer JHON Rp.600.000 BNI 31/12/16 ICA SURICA utk pembayaran kursus Class E1"


Format SMS diatas BAKU agar tidak diubah urutannya.
Konfirmasi Transfer jam 8 Pagi sampai jam 9 Malam WIB, selain jam ini Bank melakukan updates.
Bila lebih dari 24jam anda belum mendapat balasan konfirmasi SMS, harap segera menghubungi nomor Telpon Billing

Recent Post

Popular Posts

Top Post

Kumpulan SMS Cinta Bahasa Inggris

Siwa DLC SMS Cinta Bahasa Inggris. Ini adalah contoh SMS dalam bentuk bahasa Inggris, hanya sebatas cara untuk merangkai kalimat. Bukan...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. dlc - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen