The Best English Education Institute
Home » » Tips, LISTENING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

Tips, LISTENING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

Written By DLC on Selasa, 31 Desember 2013 | 20.14

Siswa DLC
A. Film Membiasakan Mendengar Bahasa Inggris

Tujuan yang tentunya ingin dicapai dengan menggunakan film sebagai media pembelajaran, adalah membuat kita terbiasa dengan bahasa Inggris. Jika kita ingin meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris, kita dapat menggunakan film dengan cara menghilangkan subtitle-nya. Hal itu dipercaya membuat kita terbiasa dengan bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional. Karena bahasa diyakini bisa dikuasai apabila sering berlatih. Kebingungan dengan kata-kata yang keluar adalah sensasi pertama yang akan kita hadapi. Ada dua manfaat ketika menggunakan film sebagai media pembelajaran, yaitu teknik pengucapan dan tambahan kosakata.

B. Lagu Bahasa Inggris sebagai Media Pembelajaran Listening

Listening dengan lagu yang menggunakan bahasa Inggris sebagai liriknya akan membuat belajar listening bahasa Inggris yang menyenangkan. Dengan menggunakan lagu sebagai media, kita dapat belajar empat aspek pembelajaran listening sekaligus. Hal ini merupakan salah satu upaya pendekatan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam listening bahasa Inggris, juga untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris.

Menggunakan lagu sebagai media pembelajaran listening dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Memilih lagu

Salah satu syarat dalam memilih lagu untuk meningkatkan listening adalah pemilihan lagu harus dengan pronounciation yang jelas. Beberapa pendapat menyarankan agar pemilihan lagu untuk pemula yang ingin belajar listening, disarankan memilih lagu yang melankolis.

2. Mendengarkan lagu

Pada kegiatan ini yang hanya dapat dilakukan adalah mendengarkan saja. Hal ini adalah untuk membiasakan telinga dengan pengucapan bahasa inggris.

3. Menyimak

Mendengar tidak sama dengan menyimak. Mendengar dalam bahasa inggris hear sedangkan menyimak adalah listen. Dalam kegiatan ini hanya perlu membawa catatan kecil. Dengarkan dengan seksama lagunya, selanjutnya catat lirik yang diucapkan.

4. Mencocokkan

Kegiatan terakhir untuk meningkatkan kemampuan listening dengan lagu adalah mencocokkan dengan lirik aslinya. Kemudian artikan lirik tersebut secara keseluruhan. Yang perlu diperhatikan adalah arti satu kata adalah tergantung dari konteks kalimatnya.

C. Nonton acara-acara komedi bahasa Inggris

Komedi menawarkan sesuatu yang lebih dibandingkan dengan sekedar film. Untuk bisa ketawa terhadap suatu guyonan, kita tidak hanya harus mampu mendengarkan apa yang disampaikan oleh si pelawak, tetapi juga harus mampu mengetahui latar belakang/kultur masyarakat di tempat guyonan itu disampaikan (di USA/UK) misalnya. Jadi kita bisa belajar banyak budaya via jokes dari comedian tersebut.

Beberapa acara komedi yang saya rekomendasikan adalah Colbert Nation dan Daily Show dari Fox News. KEduanya memberikan berita seputar Amerika Serikat dalam bentuk berita kritikan via lawakan-lawakan. Lucu dan menarik.

D. Ikut / Gabung Lomunitas Bahasa Inggris

Dalam kehidupan sehari-hari (khususnya di Indonesia) kita akan berkomunikasi dengan kawan-kawan di yang memiliki aksen (bukan penutur asli) sehingga kita pun memerlukan skill listening yang mampu menangkap pembicaraan ‘lidah’ Indonesia.

Hal tersebut bisa dilatih dengan sering-sering berbicara dengan kawan-kawan non-native speakers. Bisa dengan kawan dekat, teman se-gang, atau mungkin teman se-lab/organisasi di kampus. Mengikuti komunitas/klub Bahasa Inggris juga menarik.

E. Ikut Event Internasional

Kenyataan bahwa sebagian besar penutur bahasa Inggris memiliki aksen karena English bukan mother tongue mereka, baik yang agak lumayan mudah dicerna seperti aksen orang Eropa Timur, aksen kaku lidah Jepang, atau bahkan pengucapan orang Afrika. Kita harus mampu berinteraksi dengan mereka. Tidak asyik kan kalau orang lain pada ngerti apa yang dia sampaikan tapi kita ndak ngertos gara-gara ndak bisa memahami aksenya. 

Salah satu cara yang manjur adalah dengan mengikuti program Internasional dengan peserta dari berbagai negara yang memiliki aksen berbeda-beda. Selain melatih telinga, acara-acara seperti ini tentunya bisa memperluas jaringan pertemanan untuk mempelajari perkembangan teknologi mereka, diskusi topik-topik internasional, mencari penginapan gratis saat keluar negeri nanti, atau sekedar untuk chatting di Facebook.

Acara seperti ini bisa kita ikuti sebagai peserta ataupun panitia (peserta sepertinya lebih asyik, walau panitia sepertinya lebih banyak peluangnya di kampus). Untuk mendapatkan informasi seperti ini bisa dengan rajin-rajin browsing event internasional. Baik untuk presentasi paper karya ilmiah, lomba debat internasional, pertukaran pelajar, atau forum-forum mahasiswa.


Share this article :

Cara Pembayaran

Pembayaran Bisa dilakukan Cash ditempat kursus, atau melalui transfer bank dibawah ini:

1. Bank Mandiri, No. Rekening : 1450004182149, Atas Nama: I Wayan Arjawa, S.T.

2. Bank BNI, No. Rekening : 0055157742, Atas Nama: I Wayan Arjawa, S.T.


Konfirmasi pembayaran menggunakan WA, Line atau SMS. DISARANKAN Konfirmasi via SMS ke 0852 5349 4669 dengan format sbb :

"Transfer (Nama Siswa Client) (JUMLAH TRANSFER) (BANK) (TANGGAL) (NAMA PEMILIK REKENING/PENGIRIM) (KETERANGAN)"

contoh SMS :
"Transfer JHON Rp.600.000 BNI 31/12/16 ICA SURICA utk pembayaran kursus Class E1"


Format SMS diatas BAKU agar tidak diubah urutannya.
Konfirmasi Transfer jam 8 Pagi sampai jam 9 Malam WIB, selain jam ini Bank melakukan updates.
Bila lebih dari 24jam anda belum mendapat balasan konfirmasi SMS, harap segera menghubungi nomor Telpon Billing

Recent Post

Popular Posts

Top Post

Kumpulan SMS Cinta Bahasa Inggris

Siwa DLC SMS Cinta Bahasa Inggris. Ini adalah contoh SMS dalam bentuk bahasa Inggris, hanya sebatas cara untuk merangkai kalimat. Bukan...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. dlc - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen