The Best English Education Institute
Home » , , , » Mencari Kerja? Pasti Ada Interview, Ini Contohnya

Mencari Kerja? Pasti Ada Interview, Ini Contohnya

Written By DLC on Selasa, 23 Februari 2016 | 03.04

Siswa DLC Angkatan VI
Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris

Momen wawancara merupakan momen yang paling ditunggu serta yang paling penting bagi para pencari kerja. Tidak hanya persiapan skrip wawancara kerja, tetapi juga kerapian penampilan serta mental anda. Walaupun sebelumnya anda adalah mahasiswa yang pandai dan memiliki Indeks Prestasi sempurna, ketika melakukan tes wawancara, sering mengalami grogi berlebihan dan tak dapat mengatur diri, maka bisa jadi momen ini akan terlewatkan begitu saja.

Saat wawancara kerja, dibutuhkan sebuah persiapan yang matang. Sebab kesiapan kita dalam menjawab pertanyaan akan menentukan apakah kita gagal atau berhasil. Tes wawancara pada umumnya cenderung sama, baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Pertanyaan yang diajukan pun tak jauh berbeda.

Saat ini, baik perusahaan lokal maupun perusahaan asing sudah mulai melakukan tes wawancara menggunakan bahasa Inggris. Seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan ekonomi di Indonesia, kemampuan bahasa Inggris menjadi hal yang seolah-olah wajib dimiliki oleh setiap karyawan.

Jika anda anda mendaftar di perusahaan yang mensyaratkan harus memiliki kemampuan bahasa Inggris, dan sesi test wawancara diharuskan menggunakan bahasa Inggris maka perlu dipelajari beberapa contoh pertanyaan yang sering diberikan untuk dapat membantu anda mempersiapkan diri sebelum melakukan tes wawancara.

1. “Please introduce yourself!”

Pertanyaan ini adalah pertanyaan general yang biasa ditanyakan, baik dalam wawancara bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu tidak harus menjelaskan siapa dirimu, namun lebih kepada latar belakang pendidikan dan kelebihanmu.

Contoh jawaban yang bisa diajukan adalah“My name is Hana, I am a civil engineer, graduated with honor from University of Indonesia. Even though I’m a fresh graduate, I have experience in construction company…”

2. “What is your motivation applying here?”

Pewawancara ingin mengetahui jawaban anda tentang kenapa tertarik terhadap pekerjaan ini. Jawablah dengan singkat dan jelas. Berikan keyakinan bahwa anda tertarik dengan perusahaan tersebut karena memiliki pengalaman yang cukup dan kemampuan tambahan yang dapat menunjang pekerjaan anda di perusahaan tersebut.

Contoh jawaban yang bisa diajukan adalah “Your company is one of my top choices, and I come here because my experiences and interests are quite useful for this agriculture company. I can handle jobs in laboratory controlling seeds quality and also, I have ever been an intern in agriculture company. So you can trust me in handling this position.

3. “Do you have any ambitions in your life that you want to achieve?”

Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui seberapa besar keinginan dan target yang ingin anda dapatkan melalui pekerjaan anda. Jangan pernah menjawab dengan jawaban yang tidak relevan dengan pekerjaan anda. Misalnya, menjawab tentang target untuk menikah, atau target untuk dapat membeli mobil baru. Jawablah dengan jawaban yang logis terkait dengan pekerjaan anda.

Contoh jawaban yang bisa diajukan adalah, “Within 4-5 years, I am going to generate your company as the top 5 food producer companies in Indonesia. As a sales and marketing team, I will improve my marketing strategy to help this company branding to be included to the wider market.

4. “Please tell me about your strength and weakness.”

Dalam wawancara bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan diri pasti akan muncul. Dalam menjawabnya, lakukanlah dengan singkat tanpa berbelit-belit. Jujurlah dalam menjawab pertanyaan tersebut, kaitkanlah kelebihan dan kekuranganmu dengan jenis pekerjaan yang kamu inginkan. Jangan terlalu berlebihan saat menjelaskan kelebihan diri. Ceritakan tentang kekuranganmu beserta dengan kiat-kiatmu mengatasinya.

Contoh jawaban yang bisa diajukan adalah, “My strength is my strong will to achieve the targets that I make. And I always do anything with a happy feeling. I’m also cheerful and communicative. I can persuade people to do what I want, happily. Moreover, I am a perfectionist, I want everything to be perfect. But, I can use my weakness as my other strength by managing it well. So you don’t have to be worry about it.”

5. “Do you have any ideas or strategies to develop this company?”

Untuk mengetahui seberapa serius anda dengan pekerjaan tersebut, beberapa pewawancara akan menanyakan pertanyaan ini untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dan kemauan anda terhadap pekerjaan dan perusahaan tersebut.

Contoh jawaban yang bisa diajukan adalah, “With my background as an architect, I will make some unique designs that will be your company signatures. I have good ability in building and urban design. I believe, with that new personal branding, customer will prefer to give the project to us.”

6. “Do you have any other skills that will support your work?”

Sebagai seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, anda harus memiliki strategi untuk dapat “menjual diri.” Salah satunya adalah dengan menunjukkan kelebihan yang tidak berkaitan dengan latar belakang pendidikan, tapi dapat bermanfaat bagi pekerjaan tersebut. Misalnya, anda memiliki kemampuan dalam mengoperasikan software komputer tertentu atau memiliki kemampuan lebih dari satu bahasa asing.

Contoh jawaban yang dapat diajukan adalah, “Yes of course. Beside English and Indonesian, I also speak German, Japanese, Dutch and French. I also have computer skills. I can operate MS Office, Corel Draw, Adobe Photoshop, and the internet.”

7. “What is your expected salary?”

Pertanyaan tentang gaji merupakan pertanyaan yang paling ditunggu dalam tes wawancara. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu sebelumnya harus tahu tentang standar gaji untuk jenis pekerjaan tersebut. Jangan mematok gaji yang terlalu tinggi hanya karena anda lulusan dari universitas ternama. Untuk suatu jenis pekerjaan, perusahaan pada umumnya akan memberikan standar gaji yang sama bagi seluruh pegawai fresh graduate tanpa pengalaman kerja, baik yang berasal dari universitas ternama ataupun bukan.

Oleh karena itu, jawaban yang dapat diajukan adalah, “I am here to look for promotional opportunities, salary is not the most important issue for me. I believe the company will propose a fair and consistent salary in accordance with the abilities of the job seeker and fresh graduate like me.”

Bagaimana dengan contoh yang sudah ditulis diatas?, Masih bingung?. Ok kalau masih bingung coba contoh dibawah ini!.

Contoh Pertanyaan Interview Bahasa Inggris dan Artinya (Wawancara Kerja)

I : Okay! Please, could you Introduce yourself briefly?

(Baiklah, tolong perkenalkan dirimu secara singkat!)

A : My name is Ali, I am twenty two years old. I have graduated from a university majoring in tourism. Even though I am not from English Department, I still can speak English well. Now, my activities are teaching for my neighbors privately who ever will study about English and writing on my personal blog as well.

(Nama saya adalah Ali. Saya saat ini berumur 22 tahun. Saya telah lulus kuliah dari salah satu universitas dalam bidang Pariwisata. Sekalipun saya bukan dari jurusan Bhs. Inggris tapi saya masih bisa bercakap dengan bahasa Inggris dengan baik. Aktivitas saya saat ini adalah mengajar untuk tetangga saya yang ingin belajar tentang bahasa Inggris dan juga menulis di blog pribadi saya.)

Selain yang disebutkan di atas kamu juga bisa menambah keterangan lain seperti apa saja yang kamu lakukan selama ini menyangkut bagian yang kamu lamar karena ini baik sekali untuk membuka peluang kamu agar lebih mudah diterima penguji. Dan karena ini awal maka usahakan bicara dengan lantang dan dengan rasa percaya diri yang tinggi.

I : What departement do you apply and why do you interested on it?

(Bagian apa yang Anda lamar dan mengapa anda tertarik dengan bagian/posisi tersebut?)

A : I am Interested on that working because I have experience about it and I have do it for long time. So If this company receive me to be one of its employee I can work better than other candidate because I am more expert and more experienced .

(Saya tertarik pada pekerjaan tersebut karena saya telah berpengalaman mengenai itu dan saya pun telah melakukan / menjalani pekerjaan tersebut dalam waktu yang lama. Jadi, jika perusahaan ini menerima saya untuk menjadi salah satu karyawan maka saya tentunya akan bekerja lebih baik dari kandidat lainnya karena saya lebih ahli dan lebih berpengalaman)

Pada pertanyaan interview kerja di atas kamu diminta memberitahukan posisi apa yang kamu lamar dan mengapa kamu suka dengan posisi tersebut. Nah di sini kamu harus memberikan jawaban yang positif untuk meyakinkan interviewer atau penguji, yakni dengan memberitahukan bahwa kamu lebih bisa diandakan karena memiliki banyak pengalaman di bidan tersebut dan juga tentunya lebih ahli dari calon pelamar lainnya.

I : Why did you leave your latest job?

(Mengapa Anda meninggalkan / keluar dari pekerjaan sebelumnya?)

A : Because My family and I move from my previous home to this city so thats way I must resign from my current job.

(Karena keluarga saya dan saya pindah dari rumah sebelumnya ke kota ini jadi itulah sebabnya saya harus mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya.)

Pertanyaan soal alasan keluar dari tempat kerja sebelumnya adalah untuk mengetahui bahwa apakah kamu keluar bukan karena telah melakukan kesalahan sehingga dikeluargan secara tidak hormat, karena bila itu terjadi sudah pasti kamu juga tidak akan diterima di perusahaan yang kamu lamar saat ini. Maka dari ituberikanlah jawaban yang sedapat mungkin tidak memberi penilaian negatif pada dirimu, bisa juga karena alasan perusahaan sebelumnya bangkrut dan harus mem-PHK-kan sejumlah besar karyawannya, termasuk saya. (because my previous workplace has been bankrupt and unfortunately he must dismiss many of his employee, including me)

I : When were you most satisfied in your work?

(Kapan anda merasa sangat puas dengan pekerjaan anda)

A : Actually I always satisfied with my job, even every day I feel it. But when I can reach my target continually every day and every month in a year I really satisfied with it.

(Sebenarnya saya selalu merasa puas dengan pekerjaan saya dan bahkan setiap hari saya merasakan hal yang sama. Akan tetapi ketika saya dapa mencapai target saya secara kontinyu setiap hari dan setiap bulan dalam setahunnya maka saya sungguh sangat puas dengan itu.)

Jika diamati sepintas mungkin anda akan merasa mudah menjawabnya karena hanya ingin tahu soal perasaan kamu dengan pekerjaanmu, tapi sebenarnya tidak. Pada pertanyaan interview kerja dalam bahasa Inggris ini si penguji ingin tahu apakah kamu orang yang memiliki kepribadian yang selalu bersemangat setiap harinya, karena ini sangat mempengaruhi kinerja seseorang, terutama dalam mencapai target. Asal anda tahu, ini saya dapat dari pengalaman kerja sebelumnya, ternyata umumnya perusahaan senang dengan orang yang kerjanya selalu sesuai dengan target yang ditetapkan dan tidak senang dengan orang yang kadang target kadang tidak, walau sesekali dia sering mencapai hasil kerja yang sangat tinggi. Karena kondisi kepribadian orang yang keberhasilannya kadang-kadang bisa menandakan bahwa ia orangnya tidak fokus, mudanya selalu berubah, kurang kreatif dan sebagainya.

I : What are your strengths and weaknesses, please specify each of three!

(Apa saya kelebihan dan kekuranganmu, tolong sebutkan masing-masing 3!)

A : My strengths are, namely: I was meticulous and careful in work, I love to learn new things and I always do things on time. My weaknesses are, namely : I am always too excited when working so sometimes forget the time, I am too eager pursuit my goals so It always make me over action, and I am not pleased to work slowly, causing me always in a hurry every doing something.

(Kelebihan atau kekuatan saya adalah saya teliti dan berhati-hati dalam bekerja, Saya senang belajar hal-hal yang baru, dan Saya selalu mengerjakan sesuatu tepat pada waktunya. Adapun kelemahan saya adalah I selalu terlalu bersemangat ketika bekerja sehingga terkadang lupa waktu, Saya terlalu bersemangat mengerjar cita-cita saya sehingga hal tersebut membuat saya terlalu berlebihan dalam bertindak dan saya tidak senang bekerja lambat sehingga terkadang membuat saya terburu-buru setiap kali mengerjakan sesuatu.)

Pada pertanyaan interview dalam bahasa Inggris di atas kamu diminta menjelaskan apa saja kelebihan dan kekuranganmu. Kalau bicara soal kelebihan mungkin gampang saja kita menyebutkannya satu per satu, hanya saja yang jadi masalah kalau harus menyebut kekurangan sendiri, nah dalam keadaan seperti itu anda juga harus pintar-pintarnya mengolah kata dan kalimat sehingga walau menyebut kekurangan tetap saja akan ada nilai positifnya dimana interviewer, ya sebagaimana disebut di atas misalnya terlalu bersemangat mengejar cita-cita sehingga membuat diri anda terkadang over dalam melakukan sesuatu, dengan begini tetap saja ia akan menilaimu kalau kamu orangnya bersemangat dan layak dijadikan karyawan diperusahaan tersebut.

I : Why should we hire you?

(Mengapa kami harus memperkerjakan Anda, atau dengan terjemahan bebas: Alasan apa yang menjadikan kami tertarik memperkerjakan Anda?)

A : Because I have many I have sufficient experience and even more in this field. And approximately, during the last 10 years I am struggling and work in this field to meet the needs of my family.

(Karena saya mempunyai pengalaman yang cukup dan bahkan lebih dalam bidang ini. Dan kurang lebih selama 10 tahun terakhir ini saya berjuang dan bekerja dalam bidang ini untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya)

Jawaban dari pertanyaan interview bahasa Inggris di atas soal alasan kuat apa yang bisa menyebabkan Anda dijadikan salah satu karyawan di perusahaan tersebut diusahakan menunjukkan bahwa anda betul-betul percaya diri menempati posisi dari lowongan yang tersedia. Karena dengan melakukan ini berarti anda menunjukkan bahwa memang andalah yang paling layak diterima di banding yang lainnya, terlebih lagi kalau memang ada pengalaman berkaitan dengan bidang tersebut. Intinya, berusahalah meyakinkan interviewer agar ia betul-betul yakin bahwa tidak aada kandidat lain lebih pantas selain anda.

I : How much salary do you want in every month?

(Berapa banyak gaji yang kamu inginkan tiap bulannya?)

A : I am expecting to get 2 Million Rupiahs per month

Jika ingin memperlihatkan bahwa kamu orangnya tegas saat ditanya soal gaji dalam pertanyaan wawancara bahasa Inggris ini maka kamu bisa langsung menyebut angkanya, tapi bila tidak ingin menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang terlalu tinggi standar permintaannya atau mungkin akan dicurigai sebagai orang yang banyak maunya maka cukup sebut saya kalau hal tersebut saya serahkan pada aturan manajemen perusahaan atau bisa juga bilang sesuai standar upah minimum pemerintah kota saja, juga akan lebih simple dan penguji pun bisa lebih mudah mengetahui berapa jumlah yang anda inginkan sebelumnya.

Berbeda dengan beberapa pertanyaan sebelumnya, percakapan interview di bawah adalah semua pertanyaan yang mungkin muncul yang sifatnya bukan ujian atau sekedar mengetes diri anda, tapi memang karena ingin mengetahui secara pasti dari diri anda yang sebenarnya dalam bentuk interview perkenalan bahasa Inggris, gunanya adalah untuk memastikan bahwa antara data lamaran dengan jawaban anda sesuai dan tidak ada kesalahan.

What is your name? 
Siapa nama Anda?

What the name of a university did you graduate from? 
Apa nama universitas tempat kamu kuliah/lulus?

Do you have any job experiences before? What is that?  
Apakah Anda punya pengalaman kerja sebelumnya? Pengalaman apakah itu?

How long did you work at your current job? 
Berapa lama Anda bekerja pada pekerjaan anda yang terakhir?

What do you think about our business? 
 Bagaimana menurumu mengenai bisnis yang kami jalankan?

Do you have any other skill that suitable with your field? 
Apakah kamu punya kemampuan lain yang berkaitan dengan bidangmu?

Do you have any strategies to increase our business income? 
Apakah kamu punya startegi lain untuk meningkatkan pendapatan bisnis kami?

What is your father job now?  
Apakah pekerjaan bapakmu saat ini?
What course did you attend? Kursus apa yang pernah kamu ikuti?

Could you mention any computer software that you expert in it? 
Bisakah kamu menyebutkan software komputer apa saja yang kamu kuasai?

Can you work with a team and under pressure? 
Bisakah kamu bekerja dalam team dan di bawah tekanan?

When will you start work? 
Kapan kamu mau mulai bekerja?

Have you question about this job? 
Apakah kamu mempunyai pertanyaan mengenai pekerjaan ini?

Itulah sekian banyak contoh pertanyaan interview bahasa inggris dan artinya yang bisa anda pelajari. Akan jauh lebih baik kalau dipahami saja kata-katanya kemudian coba menyusun kalimat sendiri yang walau tidak persis sama tapi maksudnya sama. Tujuannya apa? Jadi saat wawancara telah berlangsung kamu tidak akan khawatir akan lupa apa kata-katanya karena maksudnya sudah ada di luar kepala dan tinggal dibahasakan sedikit saja sudah jadi satu kalimat yang pasti pengujinya akan tahu apa maksudnya. Tapi sekalipun begitu kamu juga harus punya persiapan yang lebih matang soal vocabullary (kosa kata bahasa Inggris) yang sesuai dengan bidang yang akan dibicarakan, sebagaimana dikatakan di atas bahwa modal utama untuk bisa melakukan percakapan adalah minimal ada 3000 kata diluar kepala yang sudah dikuasai, dan kalau meminjam teknik yang share di atas tentu tidak butuh waktu 2 tahun untuk mencapainya. Gampang kan? Selamat Mencoba! And Good Luck!.



Mr. Brain Revolution
dikutip dari berbagai sumber dengan pengeditan yang dianggap perlu
Share this article :

Cara Pembayaran

Pembayaran Bisa dilakukan Cash ditempat kursus, atau melalui transfer bank dibawah ini:

1. Bank Mandiri, No. Rekening : 1450004182149, Atas Nama: I Wayan Arjawa, S.T.

2. Bank BNI, No. Rekening : 0055157742, Atas Nama: I Wayan Arjawa, S.T.


Konfirmasi pembayaran menggunakan WA, Line atau SMS. DISARANKAN Konfirmasi via SMS ke 0852 5349 4669 dengan format sbb :

"Transfer (Nama Siswa Client) (JUMLAH TRANSFER) (BANK) (TANGGAL) (NAMA PEMILIK REKENING/PENGIRIM) (KETERANGAN)"

contoh SMS :
"Transfer JHON Rp.600.000 BNI 31/12/16 ICA SURICA utk pembayaran kursus Class E1"


Format SMS diatas BAKU agar tidak diubah urutannya.
Konfirmasi Transfer jam 8 Pagi sampai jam 9 Malam WIB, selain jam ini Bank melakukan updates.
Bila lebih dari 24jam anda belum mendapat balasan konfirmasi SMS, harap segera menghubungi nomor Telpon Billing

Recent Post

Popular Posts

Top Post

Kumpulan SMS Cinta Bahasa Inggris

Siwa DLC SMS Cinta Bahasa Inggris. Ini adalah contoh SMS dalam bentuk bahasa Inggris, hanya sebatas cara untuk merangkai kalimat. Bukan...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. dlc - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen